SMP INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM

Minggu, 16 Oktober 2016

Setelah beberapa waktu yang lalu saya pernah belajar membuat Tiramisu tanpa telur menggunakan keju mascarpone, kali ini saya mencoba membuat tiramisu menggunakan cream cheese. Resepnya super mudah, tanpa telur sehingga tidak perlu di-tim untuk mematangkan telurnya. Mengingat saya membuat tiramisu ini tanpa menggunakan keju mascarpone, tanpa telur, tanpa kahlua/minuman alkohol rasa kopi, mungkin kurang pas kalau namanya tiramisu versi original. Malah lebih mirip proses membuat cheesecake tanpa panggang. Maka saya namakan resep kali ini Tiramisu Cheesecake.

Tiramisu yang asli memang menggunakan keju mascarpone (triple cream-cheese) dan menghasilkan tiramisu dengan rasa khas dan rasa keju yang kentara. Ada beberapa resep tiramisu yang saya temukan menggunakan cream cheese sebagai bahan utamanya. Nah saya penasaran rasanya bagaimana. Jadinya ikutan mencoba.
Walaupun tiramisu ini mudah sekali untuk dibuat, proses yang harus saya lalui cukup berliku. Kendala pertama adalah cream cheese yang saya beli di hari sebelumnya ternyata sudah berjamur walau tanggal kadaluarsanya masih lama. Sumpah, shock banget ketika saya buka kotaknya dan menemukan cream cheesenya berwarna abu-abu penuh jamur. Untunglah toko bahan kuenya dekat rumah dan bisa menukar dengan cream cheese yang segar walaupun beda mereknya. Kalau tokonya tidak bersedia mengganti, wah, bisa rugi bandar deh hehe. Cream cheese kan lumayan juga harganya.
Kendala kedua yang saya alami adalah lisriknya padam. Untungnya proses mengocok cream cheese dan whipping cream menggunakan mikser sudah selesai. Begitu mau disusun tiramisunya, lampunya padam. Apalagi cuaca di luar gelap karena mendung (dan akhirnya hujan deras). Jadilah saya tidak bisa mengambil gambar karena kondisi ruangan yang gelap dan sinar mataharinya juga tidak maksimal sebelum akhirnya tertutup awan hujan.
Walau banyak halangan dan rintangan, tiramisu cheesecake ini bisa jadi juga. Untuk rasa, saya malah lebih suka versi menggunakan cream cheese dibandingkan mascarpone yang rasa kejunya lebih kuat. Rasanya enak sekali, lembut, ringan dengan perpaduan keju dan kopi yang menggoda iman. Tiramisu ini enak sekali dimakan dalam keadaan dingin. Karena tidak sepadat tiramisu biasa, saya malah jadi kebanyakan makan karena tidak membuat eneg. Bahaya juga.
Oya, resepnya saya peroleh dari blog cooking asyik dengan sedikit modifikasi dari saya. Jika ingin menggunakan keju mascarpone, silakan saja. Enak juga rasanya. Bisa juga dijadikan tiramisu in a jar kalau suka.

Tiramisu Cheesecake


Bahan:
200 gram biskuit lady finger (1 bungkus) / sponge cake potong memanjang dengan tebal sekitar 1 cm
250 gram cream cheese, suhu ruang (bisa juga gunakan keju mascarpone)
250 ml whipping cream
50 – 70 gram gula halus (sesuaikan dengan rasa manis yang diinginkan)
1 sdt essence vanilla (optional)
Bubuk cokelat untuk taburan secukupnya

Bahan Sirup Kopi:
2 sdm kopi espresso / kopi instan tanpa ampas
200 ml air panas
1 sdm gula pasir

Cara Membuat:
  1. Seduh kopi dengan air panas, tambahkan gula. Aduk rata dan diamkan hingga hangat.
  2. Kocok whipping cream, tambahkan gula halus sedikit demi sedikit hingga mencapai rasa manis yang diinginkan. Kocok hingga mengembang dan agak kaku.
  3. Kocok cream cheese hingga lembut saja tanpa gerindil.
  4. Campur cream cheese dengan kocokan whipping cream menggunakan spatula atau mikser kecepatan rendah. Aduk rata.
  5. Celup sebentar saja biskuit lady finger ke dalam sirup kopi dan tata dalam wadah / pinggan. Tuang sebagian campuran cream cheese ke atasnya,ratakan. Ulangi proses hingga biskuit dan cream cheese habis (sekitar 2 – 3 lapisan, tergantung tinggi pinggan).
  6. Tutup bagian atas dengan cream cheese, ratakan. Dinginkan selama 3-4 jam atau semalaman.
  7. Taburi cokelat bubuk sebelum disajikan.



Selamat mencoba. Happy cooking.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar